Jelajah Delanggu

Banyak hal yang bisa Anda lakukan di Delanggu. Ayo jelajahi!

Klaten, daerah yang dijuluki gudang seribu mata air sekaligus kabupaten penyangga pangan dari daerah Jawa Tengah. Mata air, atau umbul dalam bahasa lokal, berasal dari melipahnya aliran air bawah tanah lereng Merapi yang mengarah ke timur. Konon, jika hasil pertanian di daerah ini melejit kualitasnya dibanding daerah lain ialah berkat air pemberian sang Biyung Bibi (Merapi Purba). 

Pada masa penjajahan, Delanggu pernah menjadi sentra gula tebu yang kemudian pabrik-pabriknya dialihkan menjadi Pabrik Karung Goni, yang konon terbesar se-Asia Tenggara. Namun, Delanggu lebih identik dengan produk pertanian yang dikenal sebagai Beras Rojolele yang terkenal seantero Nusantara. Selain itu, Delanggu juga tersohor dengan para pandai besi dan pengrajin perkakas dapurnya.

Bila Anda berkesempatan untuk mengunjungi festival, kami siapkan serangkaian program "Jelajah Delanggu".

Aktivitas yang bisa Anda ikuti adalah kunjungan sejarah ke Stasiun KA Delanggu, Lapangan Merdeka, dan sekitar Kompleks Pabrik Karung Goni; workshop di bengkel-bengkel pandai besi tradisional dan pengrajin perkakas dapur; atau berenang di mata air terdekat dengan menumpang kereta kelinci.

 

Program Jelajah Delanggu:

19 September 2019

*Makan: malam

16.00 – malam :

Peserta mulai check-in di rumah warga di Dukuh Kebonsari.

---

20 September 2019

*Makan: pagi dan malam bersama warga di Dapur Umum

08.00 – 09.00 :

Peserta bisa mulai berbaur bersama warga dan sarapan bersama di Dapur Umum festival.

09.00 – 12.00 :

Peserta mengikuti tur Jelajah Delanggu – Wisata Sejarah dengan menumpang Kereta Kelinci. Rute: Komplek Pabrik Karung Goni, Stasiun Delanggu, Sentra Kuliner Lumpia Dhuleg.

12.00 – 14.00 :

Tur berlanjut menuju tempat wisata air. Peserta bisa menyejukkan diri dengan mandi di salah satu umbul terdekat (makan siang ditanggung peserta).

14.00 - malam :

Kembali ke rumah warga di Kebonsari. Acara bebas: peserta dapat mengeksplorasi Kampung Kebonsari (berkunjung ke bengkel pandai besi, berbaur dalam aktivitas warga di sawah, ikut mengangon ternak atau bergabung dengan warga untuk mempersiapkan festival: rewang di Dapur Umum atau membantu persiapan lainnya).

---

21 September 2019

*Makan: pagi, siang, malam bersama warga di Dapur Umum

Hari ini peserta bebas mengikuti rangkaian acara festival. Rekomendasi: dengarkan bagaimana simbah-simbah bercerita tentang kuliner tradisional lokal di program Dapur Simbok (pukul 12.00, 13.00 dan 14.00). Bertempat di pawon rumah warga, selain mendengarkan cerita, peserta juga bisa ikut memasak bersama simbah.

Nikmati udara sejuk malam hari di bawah kerlip bintang di tengah area persawahan sambil menonton film-film pendek pilihan di program Layar Tancep.

---

22 September 2019

*Makan: pagi, siang, malam bersama warga di Dapur Umum

08:00 – 24.00 :

Hari ini peserta bebas mengikuti rangkaian acara festival. Persiapkan kostum tani terbaikmu, ikut kirab di pagi hari bersama warga mengelilingi area persawahan Kampung Kebonsari, menyaksikan para sesepuh tani melakukan ritual Wiwitan, dan mencicipi Sego Wiwit.

Di malam hari, masih di area panggung terbuka, nikmati suguhan utama dari warga bersama warga: ketoprak humor dengan lakon yang masih rahasia; disutradarai, dipersiapkan, dan diperankan oleh mungkin tuan rumahmu, petani atau tukang angon ternak yang kamu temui di sawah, anak-anak atau simbok-simbok yang wajah-wajahnya bisa jadi sudah familiar untukmu.

---

23 September 2019

*Makan: pagi

Check-out

---

Biaya: Rp350.000/orang

Biaya sudah termasuk:

  1. Biaya tur Jelajah Delanggu
  2. Akses ke program-program festival
  3. Akomodasi di rumah warga
  4. Makan (lihat rincian di program)
  5. Tiket masuk umbul
  6. Merchandise festival

Pendaftaran ditutup tanggal 15 September 2019.

Narahubung: 087782276373

INFORMASI PRAKTIS

Terletak di pinggir Jalan Solo-Yogya, pergi ke Delanggu tidaklah sulit. Delanggu berjarak sekitar 1,5 jam dari Yogyakarta atau 1 jam dari Solo.


Cek Informasi

Didukung oleh

Kementerian 
Pendidikan dan Kebudayaan RI Pemkab Klaten

Bekerjasama dengan

Rumah Dokumenter Komunitas Sangkanparan Btari Gendhis GP Ansor Banser

KeKebun semoyo endo Wabah Amigo Group DIVA 88 Sanggar Sekar Langit

Sanggar Sayuk Rukun Sanggar Panji Udan
Paguyuban Lumpia Duleg Mugi Langgeng Karang Taruna Kebonsari
Ketoprak Sri Kuncoro Budoyo Kebonsari Mekar Sari Cawas
Sanggar Kebangsaan Trucuk Kelompok Tani Ngudi Makmur
Kelompok Tani Organik Wong Delanggu

Rekanan media

Klaten Event Kabar Klaten Komunikan Radar Jogja