Program Festival

Warga Desa Delanggu, Klaten, Jawa Tengah, mengundang Anda semua untuk turut hadir dan merayakan 3 hari festival yang berisi program-program menarik bertema desa dan pertanian. Anda bisa ikut turun ke sawah, menonton pertunjukan, ikut masak di Dapur Simbok, dan masih banyak kegiatan lain yang bisa Anda ikuti.

 

PROGRAM ACARA:

Kirab Budaya & Wiwitan

Kirab Budaya Mbok Sri diikuti oleh para petani dan warga masyarakat Delanggu beserta ogoh-ogoh dan gunungan hasil karya mereka. Rombongan kirab akan berjalan menuju petak sawah yang akan di-wiwit. Wiwitan adalah ritual prapanen yang sarat akan laku pemeliharaan keseimbangan semesta dan ungkapan rasa syukur, disimbolkan melalui peletakan sesaji di sudut-sudut petak sawah yang hendak di panen dan pembagian sego wiwit kepada sanak tetangga.

Pasar Desa

Selain terkenal dengan hasil buminya, Delanggu juga memiliki pengrajin perkakas rumah tangga serta pandai besi. Pasar Desa Mbok Sri Mulih akan memamerkan hasil kerja mereka bersama dengan pedagang UMKM lainnya, penjaja kuliner tradisional, juga pengrajin kriya.

Dapur Simbok

Di pawon, Simbok akan mengajarkan cara memasak beberapa hidangan tradisional, seperti lumpia dhuleg (jajanan khas Delanggu), sego wiwit, dan jenang lemu. Sambil mengajak icip-icip, Simbok juga akan bercerita mengenai masakan-masakan tersebut.

Jagongan Tani

Menghadirkan pokok bahasan yang relevan dengan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh masyarakat petani di Delanggu, Jagongan Tani akan diikuti oleh kelompok-kelompok tani Desa Delanggu. Salah satu pokok bahasannya adalah koperasi.

Layar Tancep

Di tengah area persawahan di bawah langit malam, bersama warga para pengunjung bisa nonton film bareng di program Layar Tancep Mbok Sri. Bekerja sama dengan Spektakel ID dan Komunitas Sangkanparan Cilacap, beberapa film pendek dan satu film panjang akan diputar, juga film dokumenter tentang Desa Delanggu yang dibuat oleh pemuda Desa Delanggu bersama Rumah Dokumenter Klaten.

Lomba Kelompencapir

Kelompok tani, kelompok peternak, kelompok pandai besi, kelompok pengrajin akan bertarung gengsi di lomba cerdas cermat yang ringan dan menggembirakan ini.

Lomba Memedi Sawah

Orang-orangan sawah sudah lama tidak dijumpai di ladang-ladang petani. Untuk itu, Festival Mbok Sri Mulih mengundang berbagai komunitas di Klaten untuk memamerkan seni instalasi Memedi Sawah mereka. Memedi Sawah juga akan diarak keliling desa di Kirab Budaya Mbok Sri Mulih.

Panggung Semarak Budaya Tani

Panggung Semarak Budaya Tani diramaikan tidak hanya oleh para pelaku seni Desa Delanggu, namun juga oleh anggota komunitas budaya Gora Swara Nusantara yang tersebar di antero Klaten, di antaranya Sendratari Mbok Sri Mulih oleh anak-anak Sanggar Rojolele, pertunjukan ketoprak oleh Sanggar Ketoprak Sri Kuncoro Budoyo Kebonsari, karawitan, pertunjukan janthur, keroncong serta gejog lesung.

 

RANTAMAN

INFORMASI PRAKTIS

Terletak di pinggir Jalan Solo-Yogya, pergi ke Delanggu tidaklah sulit. Delanggu berjarak sekitar 1,5 jam dari Yogyakarta atau 1 jam dari Solo.


Cek Informasi

Didukung oleh

Kementerian 
Pendidikan dan Kebudayaan RI Pemkab Klaten

Bekerjasama dengan

Rumah Dokumenter Komunitas Sangkanparan Btari Gendhis GP Ansor Banser

KeKebun semoyo endo Wabah Amigo Group DIVA 88 Sanggar Sekar Langit

Sanggar Sayuk Rukun Sanggar Panji Udan
Paguyuban Lumpia Duleg Mugi Langgeng Karang Taruna Kebonsari
Ketoprak Sri Kuncoro Budoyo Kebonsari Mekar Sari Cawas
Sanggar Kebangsaan Trucuk Kelompok Tani Ngudi Makmur
Kelompok Tani Organik Wong Delanggu

Rekanan media

Klaten Event Kabar Klaten Komunikan Radar Jogja